Penting! Ini hal wajib yang dilakukan Setelah Instalasi WordPress

Hal Wajib yang Dilakukan Setelah Instalasi WordPress – Setelah berhasil menginstall WordPress, banyak orang merasa bingung tentang langkah selanjutnya yang harus diambil. Bahkan, saya sendiri pernah mengalami situasi yang sama. Namun, sebenarnya jawaban atas pertanyaan ini terletak pada tujuan individu yang ingin membuat blog.

Apakah tujuannya untuk keperluan akademis, berbagi pengetahuan, atau untuk bisnis? Jika blog yang dibuat bertujuan untuk bisnis atau ingin diindeks oleh mesin pencari seperti Google, maka terdapat beberapa hal penting yang perlu dilakukan setelah melakukan Install WordPress.

Berikut adalah 10 hal yang perlu dilakukan setelah menginstall WordPress. Namun, perlu diingat bahwa beberapa hal ini hanya berlaku untuk WordPress.org atau yang sudah memiliki hosting sendiri, meskipun sebagian bisa diterapkan pada WordPress.com.

Hal wajib yang dilakukan Setelah Instalasi WordPress

Aktifkan Plugin Akismet

Akismet adalah plugin WordPress yang berfungsi untuk mengelola dan menjaga komentar-komentar yang masuk. Komentar-komentar yang tidak baik dan hanya menimbulkan sampah harus dimusnahkan. Oleh karena itu, mengaktifkan plugin Akismet merupakan langkah pertama yang harus dilakukan setelah Install WordPress agar terhindar dari SPAM.

Ubah Permalink Default WordPress

Secara default, permalink WordPress dianggap tidak SEO Friendly. Oleh karena itu, penting untuk mengubah pengaturan defaultnya. Untuk melakukan hal ini, Kamu bisa pergi ke menu Setting dari Dashboard wp-admin WordPress dan pilih submenu Permalink. Pilih model permalink yang hanya menampilkan nama tulisan atau judul artikel. Sebagai contoh, permalink yang baik adalah http://nama-domain/%postname%/.

Baca Juga  Jasa Pembuatan Logo Pekanbaru - 081267064558

Lengkapi Data di General Setting

Penting untuk melengkapi data yang ada di General Setting, yang dapat diakses dari Dashboard WordPress > Setting > General atau Umum. Pastikan untuk mengisi informasi seperti Judul Situs dan Slogan yang menggambarkan blog Kamu secara jelas. Selain itu, Kamu juga harus mengisi Alamat WordPress (URL) dan Alamat Situs (URL) dengan benar.

Menambah koleksi ping automatic WordPress

Dalam WordPress, terdapat fasilitas untuk melakukan proses update otomatis melalui jasa ping automatic. Dengan melakukan ping, kita mengirim sinyal ke mesin pencari bahwa kita telah membuat artikel terbaru, dan artikel kita dapat diindex oleh mesin pencari. Penjelasan lebih lanjut tentang cara menambah koleksi ping update artikel otomatis WordPress bisa dibaca pada artikel “Tambah Koleksi Ping Update Artikel Otomatis WordPress”.

Melengkapi data profil pribadi

Setelah selesai menginstal WordPress, pergilah ke menu Pengguna dari Dashboard WordPress dan klik submenu Profil Kamu . Di dalam submenu Profil Kamu terdapat kolom Info Biografi. Jika kolom ini diisi, maka akan tampil di setiap akhir tulisan atau artikel yang dibuat. Istilah lainnya adalah Author Box. Namun, jika Author Box tidak muncul, kemungkinan tema yang digunakan tidak mendukung fasilitas tersebut. Cara menampilkannya dapat dilihat pada artikel “Begini Cara Membuat Author Box di WordPress”.

Menentukan tema WordPress

Gunakan tema yang SEO-friendly dan loadingnya cepat, serta disarankan untuk menggunakan tema yang responsive agar blog tampil bagus di semua perangkat. Untuk tema yang responsif, bisa dicari di internet baik yang gratis ataupun berbayar.

Instal plugin SEO by Yoast

Jika blog Kamu untuk kebutuhan komersial, plugin SEO sangat penting untuk mengoptimalkan WordPress. Diantara plugin SEO yang paling banyak digunakan oleh pengguna WordPress terkenal adalah Plugin SEO by Yoast. Namun, jika WordPress Kamu bukan untuk kebutuhan SEO, maka plugin ini tidak perlu diinstal. baca juga 10 Cara Meningkatkan SEO WordPress.

Baca Juga  Daftar dan Alamat SMA Swasta di Pekanbaru [Terbaru 2024]

Setting Robots.txt

Tidak semua direktori WordPress harus dikunjungi oleh mesin pencari, maka diperlukan pembuatan file Robots.txt. Bagi pengguna Plugin SEO by Yoast, fasilitas untuk menempatkan file Robots.txt sudah tersedia di Plugin tersebut. Cara membuat Robots.txt di WordPress dapat dilihat pada artikel “Cara Membuat Robots.txt di WordPress dengan Mudah”.

Menginstal plugin WP Smush.it

Jika blog/web yang dibuat akan banyak mengupload gambar, maka diperlukan instalasi plugin WP Smush.it. Plugin ini berguna untuk mengompress gambar sehingga resolusi gambar menjadi kecil dan loading WordPress menjadi lebih ringan. Cara menginstal plugin WP Smush.it dapat dilihat pada artikel “Optimalkan Gambar Web dengan Plugin WP Smush.it”.

Buat sitemap XML

Setelah melakukan instalasi WordPress, penting untuk membuat sitemap XML agar mesin pencari dapat mengindeks situs dengan baik. Sitemap XML dapat dibuat menggunakan plugin atau secara manual. Salah satu plugin yang dapat digunakan untuk membuat sitemap XML adalah SEO by Yoast, yang menyediakan fitur khusus untuk hal tersebut.

Itulah Beberapa Hal Wajib yang Dilakukan Setelah Instalasi WordPress. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan bagikan ke teman-temanmu.

5/5 - (30 votes)

Eksplorasi konten lain dari Rasyid Blog

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Rasyid Blog

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca