Apa itu Marketing? Ini Dia Pengertian, Jenis dan Manfaatnya!

Apa itu Marketing? – Marketing merupakan suatu kegiatan yang memfokuskan pada pemasaran produk atau jasa kepada konsumen dengan tujuan mencapai keuntungan. Berikut ini beberapa pendapat mengenai marketing.

Pengertian Marketing

Menurut beberapa tokoh seperti Peter Drucker yang mengatakan bahwa “Marketing is the delivery of customer satisfaction at a profit.” maksudnya adalah mengirimkan suatu pesan kepada pelanggan dengan tujuan untuk mendapatkan profit atau keuntungan.

Sedangkan Menurut Philip Kotler “Marketing is getting the right product or service to the right people at the right time and at the right place, at the right price.” Menawarkan produk yang tepat, kepada orang yang tepat, waktu dan tempat yang tepat serta dengan harga yang tepat.

Marketing is the process of creating, communicating, delivering, and exchanging offerings that have value for customers, clients, partners, and society at large.” maksud dari American Marketing Association adalah proses menciptakan, menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat pada umumnya.

Jenis-Jenis Marketing

Ada banyak jenis marketing yang dapat dilakukan oleh perusahaan atau individu untuk mempromosikan produk atau jasa mereka kepada konsumen. Berikut ini beberapa jenis marketing yang paling umum:

Marketing tradisional

Marketing tradisional adalah metode promosi yang menggunakan media massa seperti televisi, radio, surat kabar, dan pamflet. Marketing tradisional sering digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka kepada konsumen.

Marketing tradisional memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Dapat menjangkau audiens yang luas: Dengan menggunakan media massa, promosi dapat menjangkau audiens yang luas, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Dapat menciptakan image yang kuat: Iklan di televisi atau radio dapat membantu menciptakan image yang kuat dan membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Dapat meningkatkan brand awareness: Marketing tradisional dapat membantu meningkatkan kesadaran akan brand atau merek perusahaan.

Namun, marketing tradisional juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  • Biaya yang tinggi: Promosi di media massa biasanya memiliki biaya yang cukup tinggi, terutama jika ingin menjangkau audiens yang luas.
  • Target audiens yang tidak terukur: Sulit untuk menentukan berapa banyak orang yang terpengaruh oleh promosi di media massa.
  • Waktu yang terbatas: Promosi di media massa hanya akan terlihat oleh audiens pada saat iklan ditayangkan, sedangkan website atau media sosial dapat diakses kapan saja.

Marketing Digital

Marketing digital adalah metode promosi yang menggunakan media elektronik seperti website, email, dan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa kepada konsumen. Marketing digital memanfaatkan teknologi internet untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mempermudah interaksi dengan konsumen.

Marketing digital memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Dapat menjangkau audiens yang luas: Dengan menggunakan internet, promosi dapat menjangkau audiens yang luas, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Biaya yang lebih rendah: Promosi di media digital biasanya memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan promosi di media massa.
  • Dapat mengukur efektivitas promosi: Marketing digital menggunakan tools seperti Google Analytics yang dapat membantu mengukur efektivitas promosi dan mengetahui audiens yang terpengaruh oleh promosi.
  • Mudah diubah sesuai kebutuhan: Promosi di media digital dapat diubah sesuai dengan kebutuhan dan target audiens yang diinginkan.

Namun, marketing digital juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  • Ketidakpastian regulasi: Regulasi terkait penggunaan internet masih terus berkembang, sehingga dapat menimbulkan ketidakpastian bagi perusahaan yang melakukan promosi di media digital.
  • Persaingan yang tinggi: Di era digital saat ini, persaingan untuk menarik perhatian audiens di media digital cukup tinggi.
  • Keperluan akan pemahaman teknologi: Marketing digital membutuhkan pemahaman terhadap teknologi yang cukup baik agar promosi yang dilakukan efektif.

Manfaat Marketing

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari marketing, diantaranya:

  • Meningkatkan brand awareness: Marketing dapat membantu meningkatkan awareness atau kesadaran akan brand atau merek produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Memperkenalkan produk baru: Marketing dapat membantu memperkenalkan produk baru kepada konsumen dengan menggunakan berbagai strategi promosi.
  • Menarik pelanggan baru: Marketing dapat membantu menarik pelanggan baru dengan menawarkan produk atau jasa yang menarik dan menggunakan strategi promosi yang tepat.
  • Mempertahankan pelanggan yang sudah ada: Marketing dapat membantu mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan memberikan pelayanan yang baik dan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan pelanggan.
  • Meningkatkan penjualan: Salah satu tujuan utama dari marketing adalah meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Marketing dapat membantu meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi promosi yang efektif.
  • Meningkatkan keuntungan: Dengan meningkatnya penjualan yang dihasilkan dari marketing, maka akan meningkat pula keuntungan yang diperoleh perusahaan.
  • Meningkatkan kesadaran akan kebutuhan pelanggan: Marketing dapat membantu perusahaan untuk lebih mengenal kebutuhan pelanggan dan memberikan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Semoga Bermanfaat! 🙂

5/5 - (4 votes)