10 Cara Meningkatkan SEO Wordpress

10 Cara Meningkatkan SEO WordPress – SEO WordPress adalah sebuah keharusan ketika kita ingin blog dan website kita yang berbasis wordpress bisa berkompetisi di mesin pencari Google dan lain-lain. Di manakah tempat favorit anda untuk menyimpan kata kunci atau keywords? menurut WP Perfecto Plugin, ada 10 tempat yang harus anda gunakan sebagai media menyimpan keywords sakti anda supaya bisa mendongkrat SERP dan menaikkan link artikel WordPress anda di mesin pencari. Apa sajakah? Ingat, kata kunci ini harus ada di ke 10 tempat tersebut supaya hasilnya PERFERCTO atau Sempurna untuk meningkatkan SEO WordPress kita.

Ini Dia 10 Cara Meningkatkan SEO WordPress di Search Engine

Title atau judul

Buatlah judul yang mengandung kata kunci yang anda targetkan. Jika anda ingin menulis tentang wordpress, maka judul yang anda gunakan harus mengandung kata wordpress atau anda harus menulis kata wordpress sebagai bagian dari kalimat judul. Keyword inilah yang akan mendongkrak SEO di artikel anda.

Meta description

Jika anda menggunakan theme wordpress yang keren, tentu theme ini mengandung SEO details termasuk meta description. Meta description ini terdapat di halaman SEO details itu, bersama dengan custom title tag, dan meta keywords, dan fungsinya adalah untuk menjelaskan lebih luas tentang title atau judul yang anda pakai di dalam artikel.

Meta keywords

Jika judul kita sudah mengandung sebuah keyword, dan penjabarannya sudah dilakukan di meta description, maka meta keywords ini bisa menambah kekuatan SEO di wordpress anda, dengan cara mengembangkan menjadi keywords long tail. Apa itu long tail? Para pakar SEO akan selalu bergerak mengikuti niche dengan menempatkan long tail atau ekor panjang terhadap keywords yang ditargetkan.

Contoh dari long tail keywords adalah: wordpress SEO for internet marketing (biasanya gabungan dari 3 atau lebih kata kunci).

Keyword (kata kunci) di awal paragraf

Coba cek awal paragraf kalimat ini, apakah mengandung kata kunci? Yang saya targetkan di artikel ini adalah keywords SEO WordPress. Anda bisa melihatnya di awal kalimat paling atas ya? Nah, anda juga harus melakukan hal yang sama jika ingin menjadi pemenang di kompetisi SEO. Tapi ingat, artikel yang ditulis harus bisa juga dibaca oleh manusia. Artinya, kita hrus membuat kalimat-kalimat yang enak dibaca, supaya pengunjung senang berlama-lama di blog dan web kita.

Keywords di akhir paragraf

Artikel yang diawali oleh kata kunci tertarget, harus diakhiri juga dengan kata kunci yang sama, supaya mesin pencari google senang. SERP anda akan meningkat tajam ketika anda menambahkan kata kunci di akhir kalimat artikel anda. Misalnya, saya menuliskan lagi kata SEO WordPress supaya SERP saya tambah bagus dan artikel saya bisa terindex dengan baik di google, dan memberikan saya traffic yang besar.

Keywords density >2%

Ketebalan kata kunci di artikel kita harus lebih dari dua persen (2%). Mengapa? Supaya mesin hasil seo wordpress wp perfecto pencari bisa mengafirmasikan bahwa kata kunci yang kita targetkan itu benar-benar ada di setiap paragraf artikel kita. Di artikel ini, saya harus rajin menulis kata kunci SEO WordPress supaya bisa melewati keywords density 2%.

Keyword internal linking

Backlink yang baik adalah backlink yang kita bangun secara internal. Artinya, di dalam artikel, paling tidak ada 10 baclink ke artikel lama kita, supaya terjadi perputaran yang bagus. Hal ini memang disukai oleh mesin pencari google. Mengapa saya sebut ini backlink yang baik? Pertama, internal backlink itu gratis, tidak usah bayar, asalkan kita rajin mengaitkan artikel satu dengan yang lainnya di dalam blog dan website kita. Kedua, kita juga belajar untuk mengamati kata kunci yang tepat untuk bisa dibuat internal linking. Kita juga bisa membuat internal linking dari artikel yang kita tulis ini ke artikel yang sama. Tepatnya anda bisa mengecek link yang saya buat di paragraf ini. Target keywords saya tetap SEO WordPress lho!

Caranya bagaimana? Mudah kok, saya selesaikan dulu menulis artikel ini, kemudian saya publikasikan. Saya cari permalink nya di bagian atas (address web), dan saya salin. Kemudian saya edit artikel ini, saya pilih kata kunci yang saya targetkan, blok dan pasang link nya, kemudian tekan update. Beres deh, langsung jadi internal linking saya ke artikel yang sama.

Keyword bold / underline di dalam artikel, setidaknya ada satu

Nah di atas ada kata kunci yang saya tebalkan ya? Sekarang saya akan buat versi underline dari kata kunci SEO WordPress. Beres deh. Cara ini adalah cara optimasi SEO juga untuk wordpress kita. Ingat ya, SEO itu banyak caranya, dan ada yang mudah tapi ada juga yang sulit. Anda pilih yang mana?

Image ALT – tag keyword

Jika blog anda selalu menggunakan gambar, maka buatlah ALT untuk link image anda dan masukkan kata kunci anda di sana. Anda bisa lihat di atas, saya cantumkan gambar dari produk plugin WP Perfecto, untuk meningkatkan SEO WordPress saya, dan saya buat ALT dan tag keywords nya secara internal.

Minimum 850 words

Nah ini yang berat hehehe. 850 kata itu bisa seharian ngetiknya ya. Artikel ini pun belum mencapai 850 kata lho. Mungkin saya harus rajin mengetik kata kunci SEO WordPress sampai nanti genap 850 kata nih. Bagaimana jika anda bukan tipe orang yang suka berpanjang-panjang menulis kalimat? Ini bisa menjadi sebuah dilema tersendiri ya. Padahal kita ingin bisa dapat perfect score di mesin pencari google.

Bagaimana sih kita bisa mengetahui ke 10 point ini? Bagaimana caranya mengecek semua point tersebut? Sebenarnya ada satu plugin yang dijual di Warrior Special Offer, untuk meengecek semua pekerjaan SEO kita. Namanya sudah saya sebut di atas, yaitu WP Perfecto. Jika anda memang tertarik bisa beli di SINI, dan sayang sekali tidak ada sistem afiliasi, sehingga saya juga tidak bisa mendapatkan komisi referral SEO WordPress.

Cukup sekian dulu tulisan saya tentang 10 Cara meningkatkan SEO WordPress, semoga berguna untuk anda.

Sumber: http://www.mashengky.net/2012/03/10-cara-meningkatkan-seo-wordpress/

5/5 - (17 votes)